LATIHAN SOAL KOMPETENSI AWAL
1.
Dalam Kegiatan
Belajar Mengajar, terdapat 3 kemampuan mendasar yang harus dikuasai, yaitu
Membuka Pembelajaran, Kegiatan Inti Pembelajaran dan Menutup Pembelajaran.
Salah satu dari keterampilan membuka pembelajaran adalah kecakapan melakukan
apersepsi, apersepsi akan berjalan dengan baik dan lancar apabila peserta didik
memiliki wacana pengetahuan yang connect dengan materi yang akan di
ajarkan guru. Apabila dikaitkan dengan penguasaan karakteristik peserta didik,
maka apersepsi termasuk dalam aspek ……
a.
Fisik
b.
Sosial -
Emosional
c.
Intelektual
d.
Spiritual
2.
Heterogenitas
peserta didik sangat mempengaruhi kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar, berikut
adalah karakteristik peserta didik yang terkait dengan aspek sosial emosional,
yaitu ….
a.
Fisik Peserta didik di kelas saling bercerita dengan temannya
b.
Peserta didik
terkena sanksi karena sering membolos sekolah
c.
Peserta didik
menjalankan sholat Dhuha berjamaah
d.
Nilai akademik
peserta didik sangat baik
3.
Ketika Penerimaan
Siswa Baru (PSB) di setiap lembaga, setiap calon peserta didik yang sudah
diterima akan dibagikan form/blangko identitas calon peserta didik, salah satu
item pertanyaan adalah tentang bakat dan minat atau hobby anak. Pernyataan yang
linear dengan deskripsi diatas adalah .......
a.
tem tersebut
untuk mengetahui tinggi rendahnya aspek
intelektual anak
b.
Sebagai data primer
untuk mengklasifikasikan pembagian peserta didik di kelas
c.
Agar pihak
sekolah dengan orang tua sama-sama tahu kondisi peserta didik
d.
Menggali
potensi peserta didik sangat diperlukan untuk program kesiswaan
4.
Program Home
Visit yang sering dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengetahui tentang latar
belakang orang tua peserta didik guna mendapatkan data tentang pengenalan
karakteristik peserta didik, teridentifikasi dalam aspek …
a. Sosial intelektual
b. Sosial emosional
c. Sosial cultural
d. Sosial spiritual
5.
Penyimpangan
perilaku peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah
kebiasaan negatif anak didik (menerism), misalnya : jahil, iseng, suka ngomong,
malas. Karakter ini semakin kuat terbangun apabila latar belakang kultural
peserta didik semakin menunjang. Berikut yang sesuai dengan pernyataan diatas
adalah ….
a.
Lingkungan
pergaulan peserta didik yang sehat
b.
Kondisi
keluarga yang kurang harmonis
c. Karakter peserta didik yang ingin diperhatikan
lebih
d. Lingkungan sekolah dengan sistem pendidikan yang kompetetif
6.
Model
pembelajaran yang ideal untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik atau
untuk menemukan alternatif jawaban adalah ......
a.
Mind
Mapping
b.
Picture and
Picture
c.
Jigsaw
d.
Role Playing
7.
Disiplin ilmu
yang sebagian besar banyak diberikan di Laboratorium, akan lebih baik apabila
guru juga sering melakukan aktualisasi teori-teori ke dalam praktek, model
pembelajaran di bawah ini yang paling sesuai dengan pengajaran di laboratorium
adalah ….
a.
Word Square
b.
Think Pair and
Share
c.
Scramble
d.
Demonstration
8.
Membangun
pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal
dan pembelajaran harus dikemas menjadi proses “membangun” bukan sekedar menerima
pengetahuan. Teori belajar ini erat sekali dengan komponen Contextual Teaching
and Learning (CTL) ….
a.
Inquiry
b.
Konstruktivisme
c.
Learning
Community
d.
Questioning
9.
Strategi
pembelajaran merupakan suatu seni dan ilmu untuk membawa pembelajaran
sedemikian rupa sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara
efesien dan efektif (T. Raka Joni, 1992). Berdasarkan pendekatan yang
digunakan, secara umum ada dua strategi pembelajaran yaitu strategi yang
berpusat pada guru (teacher centre oriented) dan strategi yang berpusat
pada peserta didik (student centre oriented). Pendekatan pembelajaran
yang berpusat pada guru menggunakan strategi ekspositori, sedangkan pendekatan
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menggunakan strategi ….
a.
discovery inquiry
b.
direct instructional
c.
contextual teaching and learning
d.
learning by doing
10.
Kegiatan yang
tidak dicantumkan dalam jadwal pelajaran namun dirancang oleh guru dalam
silabus maupun RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) dan masa pengumpulan
tugasnya ditentukan oleh guru, kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah .....
a.
Tatap Muka
b.
Tugas Terstruktur
c.
Tugas Mandiri
d.
Tugas Mandiri
Tidak Tersturktur
11.
Prinsip
Pengembangan Kurikulum terdapat dalam Permendiknas ......
a.
Permendiknas
No 22 Tahun 2006
b.
Permendiknas No 23
Tahun 2006
c.
Permendiknas No
24 Tahun 2006
d.
Permendiknas No
20 Tahun 2007
12.
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik,
kondisi daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan, tanpa membedakan agama,
suku, budaya dan adat istiadat, serta status sosial ekonomi dan gender.
Pengembangan prinsip kurikulum tersebut mengacu pada ....
a.
Berpusat pada
potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
b.
Beragam dan terpadu
c.
Tanggap terhadap
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
d.
Relevan dengan
kebutuhan kehidupan
13.
Salah satu
prinsip pengembangan kurikulum adalah menyeluruh dan berkesinambungan,
maksudnya adalah ....
a.
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk
mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
b.
Kurikulum
dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
berkembang secara dinamis, dan oleh karena itu semangat dan isi kurikulum
mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
c.
Pengembangan
kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders)
untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di
dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia
usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu,
pengembangan keterampilan pribadi,
keterampilan berpikir,
keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional
merupakan keniscayaan
d.
Substansi
kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan
mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan
antarsemua jenjang pendidikan
14.
Standar
Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas kelompok-kelompok mata
pelajaran, kecuali ....
a.
PKn
b.
Agama dan Akhlak
Mulia
c.
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
d.
Estetika
15.
Detail tentang
isi tujuan masing-masing Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran, diatur
dalam Permendiknas ..
a.
Permendiknas No
22 Tahun 2006
b.
Permendiknas No
23 Tahun 2006
c.
Permendiknas No
24 Tahun 2006
d.
Permendiknas No
20 Tahun 2007
16.
Permendiknas No
20 Tahun 2007, mengatur tentang ....
a.
Standar Penilaian
Pendidikan
b.
Standar
Kompetensi Lulusan
c.
Standar Sarana
Prasarana
d.
Beban Kerja Guru
17.
Perhatikan data
prinsip penilaian dibawah ini :
1. Sahih 6. Menyeluruh
2. Obyektif 7. Sistematis
3. Adil 8. Beracuan Kriteria
4. Terpadu 9. Akuntabel
5. Terbuka
Prinsip penilaian
yang artinya penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik,
prosedur, maupun hasilnya terdapat pada nomor ....
a. 3
b. 5
c. 7
d. 9
18.
Yang tidak
termasuk dalam Penilaian oleh satuan pendidikan adalah .....
a.
Penentuan KKM
b.
Ulangan Harian
c.
Ulangan Tengah
Semester
d.
Ulangan Kenaikan
Kelas
19.
Kegiatan yang
dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini disebut
dengan penilaian .....
a.
Ulangan Akhir
Semester
b.
Ulangan Harian
c.
Ulangan Tengah
Semester
d.
Ulangan Kenaikan Kelas
20.
Keseluruhan
materi dan kegiatan yang menjadi muatan
dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan,
pernyataan ini sesuai dengan prinsip penyusunan silabus ....
a.
Ilmiah
b.
Relevan
c.
Sistematis
d.
Aktual dan
Konseptual
21.
Payung hukum
dibawah ini lebih tepat dijadikan dasar hukum tentang penyusunan silabus ....
a.
Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
b.
Permendiknas
Nomor 23 Tahun 2006
c.
Permendiknas
Nomor 19 Tahun 2007
d.
Permendiknas
Nomor 39 Tahun 2009
22.
Perhatikan data
berikut ini :
1.
Mencantumkan
Identitas
2.
Menetapkan
Kegiatan Pembelajaran
3.
Menentukan Materi
Pembelajaran
4.
Menentukan
Penilaian
5.
Memilih Sumber
Belajar
6.
Merumuskan Tujuan
Pembelajaran
7.
Menentukan Metode
Pembelajaran
Langkah-langkah
dalam penyusunan RPP secara berurutan adalah sebagai berikut :
A.
1, 2, 3, 4, 5, 6,
7
B.
1, 6, 3, 7, 5, 2,
4
C.
1, 6, 3, 7, 2, 5,
4
D.
1, 3, 6, 7, 2, 5,
4
23.
Prinsip-prinsip
Penyusunan RPP yang menyatakan RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis
kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat,
potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan
belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik
adalah prinsip ....
a.
Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
b.
Mendorong partisipasi
aktif peserta didik
c.
Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
d.
Keterkaitan dan
keterpaduan
24.
Memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik adalah ciri dari kegiatan inti proses belajar mengajar .....
a.
Eksplorasi
b.
Eksploitasi
c.
Konfirmasi
d.
Komunikasi
Informasi
25.
Dalam pembuatan
media pembelajaran terdapat istilah Projected Motion Media artinya media
pembelajaran yang dapat di gerakkan atau didisplaykan baik berbentuk audio
maupun visual, contoh dari projected motion media ini adalah ....
a.
Grafik, diagram,
chart, bagan, poster, kartun, komik
b.
Radio, tape
recorder, laboratorium bahasa
c.
Slide; over head
projektor (OHP), in focu
d.
Film, televisi, video
(VCD, DVD, VTR), komputer
26.
Penelitian
tindakan kelas merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan dalam menganalisis
suatu masalah yang ada pada proses pembelajaran.
Di bawah ini yang
termasuk jenis PTK adalah ......
a.
Karangan ilmiah,
buku modul, penelitian
b.
Cerpen, karya
ilmiah, prasaran seminar
c.
Terjemahan,
opini, syair
d.
Ilmiah popular,
puisi, diktat
27.
Dalam menyusun
PTK harus memahami karakteristik penulisan agar memudahkan pada proses
pembahasan, yang bukan termasuk dari karakteristik penyusunan PTK adalah ....
a.
Focus pada
pemecahan masalah praktis
b.
Kolaborasi
peneliti dengan praktisi
c.
Kegiatan
pengembangan profesi
d.
Menentukan
masalah
28.
Menurut Kopkins
(dalam Targart, 1994:57-61). Pekerjaan utama guru adalah mengajar dan apa pun
metode PTK yang diterapkannya seyogyanya tidak berdampak mengganggu komitmennya
sebagai pengajar. Pernyataan ini merupakan bagian dari ....
a.
Prinsip pembuatan
PTK
b.
Karakteristik PTK
c.
Jenis PTK
d.
Model PTK
29.
Prosedur umum
pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah ....
a.
Penyusunan
proposal – melaksanakan PTK – menyusun laporan PTK – pubilkasi
b.
Membuat judul –
menyusun proposal - mengadakan peneliatian
– menganalisis – publikasi
c.
Menentukan tema – membuat judul – penelitian
d.
Penyusunan
proposal – membuat judul – melaksanakan penelitian – publikasi
30.
Struktur
pembuatan proposal PTK meliputi ....
a.
Latar belakang
masalah - rumusan masalah - tujuan penelitian - manfaat penelitian – hipotesis -
ruang lingkup - definisi operasional
b.
Rumusan masalah -
tujuan penelitian - manfaat peneltian –
hipotesis – kesimpulan
c.
Rumusan judul –
tujuan penelitian – manfaat penelitian – hipotesis penelitian – ruang lingkup –
definisi operasional
d.
Latar belakang
masalah – rumusan judul – tujuan penelitian – hipotesis - definisi – kesimpulan
31.
Pernyataan di
bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik ditinjau dari
aspek fisik, kecuali ....
a.
Menunjukkan
variasi yang besar pada tinggi danberat badan
b.
Memiliki
keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.
Penambahan-penambahan
dalam kemampuan motorik halus
d.
Memiliki
kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
32.
Kreativitas
merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual peserta didik, yang
artinya kemampuan untuk ….
a. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering
dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
b. penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua
orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
c. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa
serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
d. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang
akan datang
33.
Pernyataan di
bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik ditinjau dari
aspek sosial adalah ...
a.
Mulai menyukai
teman sebaya sesama jenis
b.
Berperan serta
dalam permainan logika
c.
Menyukai teman
sebaya lawan jenis
d.
Dapat bekerja
dalam durasi waktu yang lama
34.
Pernyataan di
bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik ditinjau dari
aspek emosional, kecuali ....
a.
Kesulitan memulai
sesuatu, tetapi jika berhasil akan
bertahan sampai akhir
b.
Menampakkan marah
apabila mengalami kesulitan di sekolah
c.
Mulai muncul
perasaan simpati kepada orang yang
lebih dewasa
d.
Memiliki rasa
humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
35.
Perkembangan
perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan
moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral,
seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a.
Coba-ralat (trial
and error)
b.
Pendidikan
langsung
c.
Identifikasi
d.
Observasi
36.
Pada anak usia
sekolah sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan
karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
a.
Sosial
b.
Moral
c.
Intelektual
d.
Emosional
37.
Pada mata
pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat
teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
a.
Masalah sosial
b.
Bidang olahraga
c.
Tubuh manusia
d.
Kesehatan manusia
38.
Dalam proses
pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran
dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran
memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a.
Kesehatan
b.
Status
c.
Penampilan
d.
Pekerjaan
39.
Ketika dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia, ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh
dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan
pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat
siswa terhadap ...
a.
Penampilan
b.
Pekerjaan
c.
Sekolah
d.
Status
40.
Dalam proses
pembelajaran tentang kompetensi dasar mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru
tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat
laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan
uraian tersebut, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa
terhadap …
a.
Makan
b.
Penampilan
c.
Kesehatan
d.
Pekerjaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar