Minggu, 29 Juli 2012

LANJUTAN SOAL LATIHAN UKG


1.             Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a.      Nama-nama keluarga
b.       Penampilan diri
c.       Ikatan kekerabatan
d.       Jenis pekerjaan orang tua

2.             Dalam proses pembelajaran PKn, guru mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a.      Mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b.      Melaksanakan hidup rukun di masyarakat
c.      Mengenal lingkungan rumah dan sekolah
d.      Mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah

3.             Untuk membelajarkan kompetensi dasar : ’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.      Membagi
b.      Menjumlah
c.      Mengurang
d.      Menghitung

4.             Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di negara tetangga’, adalah ….
a.      Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di    Indonesia
b.      Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c.      Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
d.      Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika

5.             Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
a.      Adanya gangguan hubungan keruangan
b.      Kesulitan dalam bahasa dan membaca
c.      Gangguan mengenal dan memahami simbol
d.      Performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ

6.             Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada peserta didik yang disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
a.      Suara
b.      Kosakata
c.      Artikulasi
d.      Kelancaran

7.             Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa yang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
a.      Menangkap makna secara penuh
b.      Mengingat kembali kata-kata
c.      Membandingkan informasi yang diterima
d.      Merumuskan alternatif pemecahan masalah

8.             Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut yang menggambarkan upaya guru pelajaran matematika dengan pokok bahasan bentuk-bentuk bidang geometris luas dan keliling.
1.     Guru menunjukkan meja dan papan tulis sebagai bidang persegi panjang
2.     Guru menunjukkan tegel keramik di lantai sebagai bidang persegi empat
3.     Guru menunjukkan kotak bungkus rokok sebagai bentuk balok
4.     Guru menunjukkan bola basket untuk menjelaskan jari-jari lingkaran
Pilihan pernyataan paling menggambarkan upaya guru memanfaatkan unsur-unsur yang ada di kelas sebagai media pembelajaran adalah pernyataan …..
a.      1 dan 2
b.      1 dan 3
c.      2 dan 3
d.      3 dan 4

9.             Disajikan media SQUARE DAM guna mempermudah penghitungan luas, dengan bantuan HURUF untuk kolom dan ANGKA untuk baris.
Media tersebut lebih cocok digunakan sebagai alat bantu pembelajaran bidang studi ….
a.      IPA dan Matematika
b.      IPS dan Matematika
c.      Matematika dan Bahasa
d.      IPA dan IPS

10.          Sebuah sekolah berada di suatu wilayah yang berdekatan dengan hutan alam, sebuah sungai dan sebuah danau kecil. Keadaan alam ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media kongkret untuk menanamkan pemahaman mendalam para siswa tentang konsep ….
a.      Hutan homogen
b.      Penampakan buatan permukaan bumi
c.      Proses fotosintesis
d.      Siklus hidrologi

11.          Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut :
1.       Memberikan pujian atau hadiah bagi siswa yang menunjukkan usaha yang baik
2.       Memberikan angka tinggi sesuai prestasi yang dicapai siswa
3.       Menyalahkan siswa secara terbuka di kelas atas pekerjaan atau jawaban yang belum memuaskan
4.       Menciptakan suasana belajar yang ketat dan disiplin memenuhi standar belajar siswa
Pilihlah pernyataan di atas yang merupakan langkah guru untuk memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang bermakna ….
a.      1 dan 2
b.      1 dan 3
c.      2 dan 3
d.      3 dan 4

12.          Berikut ini adalah strategi yang mudah dicerna oleh siswa terkait dengan materi pembelajaran untuk informasi seperti memahami simbol antara lain seperti kata-kata, istilah, pengertian dan peraturan. Kegiatan belajar terbaik yang dilakukan siswa untuk sifat materi tersebut adalah ….
a.      Siswa harus mengenal dan mengulang hafalan informasi
b.      Siswa dilatih memformulasikan informasi ke dalam rangkaian yang bermakna dalam kehidupan mereka
c.      Siswa dilatih untuk memiliki keterampilan pemecahan masalah yang dihadapi
d.      Siswa dilatih untuk menghafal symbol-simbol, istilah dan pengertian-pengertian secara intensif

13.          Kegiatan guru memberikan penguatan (reinforcement) berbentuk gesture di dalam kegiatan pembelajaran adalah ….
a.      Memberikan hadiah ke seluruh siswa karena nilai rata-rata Matematika meningkat pesat
b.      Mengangguk-anggukkan kepala disertai muka ceria kepada siswa yang menjawab dengan tepat
c.      Menegur siswa yang salah/tidak sempurna menjawab pertanyaan
d.      Memberikan acungan jempol terhadap respon siswa yang benar

14.          Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialaminya yang paling optimal adalah dengan cara ….
a.      Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b.      Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
c.      Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
d.      Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

15.          Penentuan KKM mata pelajaran sangat dipengaruhi oleh 3 (tiga) hal, yaitu KOMPLEKSITAS – DAYA DUKUNG – INTAKE. Nilai Raport peserta didik termasuk dalam komponen  ….
a.      Kompleksitas
b.      Daya Dukung
c.      Intake
d.      Sarana Prasarana

16.          Langkah dalam menganalisis hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara lain ….
a.      Membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b.      Mengklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c.      Mencari berapa rata-rata nilai kelas
d.      Memberikan pembobotan nilai untuk setiap soal

17.          Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
a.      Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b.      Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
c.      Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan balik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d.      Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial

18.          Kegiatan berikut ini yang tepat sebagai kegiatan penilaian proses adalah  ….
a.      Memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas
b.      Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas sangat positif
c.      Merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian non tes
d.      Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik

19.          Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ….
a.      Menentukan kriteria keberhasilan belajar
b.      Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c.      Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d.      Merencanakan pengajaran remidi

20.          Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
a.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
b.      Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah di buat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
c.      Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d.      Merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

21.          Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya dibawah ketuntasan belajar ….
a.      Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses pengulangan KD yang belum tuntas
b.      Tujuan pengajaran remedial adalah agar nilai siswa jadi tuntas
c.      Sasaran terpenting pengajaran remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d.      Strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang

22.          Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut …..
a.      Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b.      Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
c.      Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tes yang sesuai
d.      Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan tinggi.

23.          Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan guru untuk ….
a.      Mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak berpengalaman
b.      Mengusulkan penyediaan media pengajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran
c.      Merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan
d.      Memberikan latihan tambahan berupa tes untuk para siswa

24.          Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ….
a.      Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b.      Guru melakukan instropeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c.      Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan ujian nasional
d.      Guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada

25.          Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru ….
a.      Memberikan contoh pentingnya bersifat toleran
b.      Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c.      Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d.      Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa

26.          Penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
a.      Terpadu
b.      Adil
c.      Sahih
d.      Beragam

27.          Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk ….
a.      Mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan
b.      Mengetahui karakteristik awal peserta didik
c.      Melakukan penilaian terhadap proses yang akan dilakukan
d.      Menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi

28.          Menggunakan media IT berbasis aplikasi (pemrograman) yang menyangkut pembelajaran sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tindakan ...
a.      Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkungannya (sensorimotor)
b.      Dominasi pengamatan bersifat egosentris (preoperational)
c.      Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terikat dengan obyek bersifat kongkrit (operasional kongkrit)
d.      Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat kongkrit (operasional formal)

29.          Mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber, adalah ciri dari kegiatan inti yang bersifat …..
a.      Konfirmasi
b.      Elaborasi
c.      Apersepsi
d.      Eksplorasi

30.          Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas balik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik, di dalam RPP disebut …..
a.      Kegiatan membuka Pembelajaran
b.      Kegiatan menutup Pembelajaran
c.      Kegiatan Inti Pembelajaran
d.      Kegiatan mengapersepsi

31.          Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1)       menumbuhkan kebiasaan belajar secara mandiri dalam lingkungan bersama (kolektif) maupun sendiri
2)       melatih cara mencari informasi secara langsung dari sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat
3)       menumbuhkan suasana pembelajaran yang menggairahkan (rekreatif)
Pernyataan tersebut merupakan manfaat dari metode …
a.      Ceramah
b.      Inquiry
c.      Pemberian Tugas
d.      Demonstrasi

32.          Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik ditinjau dari aspek fisik, kecuali ...
a.      Menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b.      Memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.      Penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.      Memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat

33.          Metode pembelajaran yang menitik beratkan pada kegiatan dan penelaahan sesuatu dengan cara mencari kesimpulan, keyakinan tertentu melalui proses berpikir atau penalaran secara teratur, runtut dan bisa diterima oleh akal, disebut dengan …..
a.      Metode Problem Solving
b.      Metode Brain Storming
c.      Metode Inquiry
d.      Metode Discovery

34.          Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut :
1.       Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan kegiatan belajar
2.       Ciptakan situasi-situasi bersaing antar sesama siswa secara sehat
3.       Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan terhadap ketentuan yang berlaku
4.       Berikan penghargaan yang tulus dan wajar kepada rangking       lima besar di kelas
Pernyataan diatas dapat digunakan untuk mengatasi kasus kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi dan minat belajat adalah pernyataan…
a.      1 dan 2
b.      1 dan 3
c.      2 dan 3
d.      3 dan 4

35.          Pak Gatot menemukan kasus kesulitan belajar yang dihadapi siswa yang disebabkan oleh kebiasaan belajar yang salah. Langkah paling tepat dilakukan untuk mengatasi  kesulitan belajar demikian antara lain….
a.      Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
b.      Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
c.      Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
d.      Berikan kesempatan memperoleh  pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal

36.          Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1.       Faktor-faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2.       Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan) umum terbatas/rendah
3.       Kapasitas belajar (bakat) khusus tak  sesuai dalam bidang–bidang tertentu
4.       Populasi siswa didalam kelas terlalu besar
Pernyataan diatas merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan…
a.      1 dan 2
b.      1 dan 3
c.      2 dan 3
d.      3 dan 4

37.          Berikut adalah merupakan kegiatan guru dalam menanamkan perilaku positif terhadap siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial yaitu….
a.      Mewajibkan membeli buku pelajaran dari koperasi sekolah
b.      Menggunakan hukuman untuk menanamkan ketaatan
c.      Menjelaskan akibat perbuatan anti sosial, seperti mencuri, korupsi, memfitnah, dll
d.      Mengklarifikasi perbedaan budaya diantara suku bangsa di Indonesia

38.          Ibu Nuning mengajak siswa keladang jagung   milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen  muda. Selanjutnya ibu Nuning memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klarifikasi kecenderungan gaya belajar siswa diperoleh peringkat hasil belajar. Peringkat terbaik dari pembelajaran observasi di luar kelas ini menunjukkan siswa memiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui….
a.      Visual (pandangan mata) – auditif (pendengaran)
b.      Visual (pandangan mata) – kinestik (gerak)
c.      Auditif (pendengaran) - kinestik (gerak)
d.      Auditif, visual, dan kinestik

39.          Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang bertujuan ....
a.      Membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
b.      Memudahkan penilaian proses terhadap siswa
c.      Mencapai kompetensi dasar pembelajaran
d.      Merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan

40.          Salah satu ciri teori belajar rekontruksionisme dalam proses pembelajaran adalah …..
a.      Pembejaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b.      Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c.      Pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit, hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas
d.      Kegiatan pembelajaran dipilih atas dasar minat siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar